بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته

Guna menjawab tantangan global yang mendambakan sosok pendidik yang ilmuwan sekaligus ‘ulama serta unggul, utuh dan berakhlaqul karimah dan sebagai respon terhadap tekat Dr. KH Asep Saifuddin Chalim, MA selaku pendiri dan pengasuh Pesantren Amanatul Ummah yaitu;  sudah saatnya kita kembalikan kejayaan keilmuan Islam berskala dunia dan terlahir dari Indonesia, maka Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH Abdul Chalim yang biasa disingkat FT IKHAC telah membuka program studi terbarunya Strata satu (S1) yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), prodi tersebut lahir pada tanggal 26 September 2016 hal itu sesuai dengan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam yang ditandatangani langsung oleh Kamaruddin Amin selaku Direktur Jenderal Pendidikan Islam.
Seiring perkembangannya, setelah mendapat arahan dan masukan dari berbagai kalangan akademisi, kiai dan mahasiswa sehingga terbentuklah visi, misi, tujuan dan sasaran strategisnya.

 

Visi

Menjadi Program Studi Terdepan dalam Pengkajian Ilmu Pendidikan Agama Islam Berwawasan Interdisipliner Pada Tahun 2026

Misi

1.   Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan utuh dengan menumbuh-kembangkan akhlakul karimah yang menjaga kearifan lokal serta berperilaku kreatif, inovatif dan cakap dalam mengolah perubahan.

2.   Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu keislaman Indonesia berwawasan interdisipliner.

3.   Menbudayakan tata kelola institusi yang berprinsip kepada tata kelola yang baik (good governance).

4. Menjalin kerjasama dengan instansi-instansi baik dalam maupun luar negeri dalam rangka   menumbuhkembangkan kompetensi dan eksistensi lulusan serta lembaga

Tujuan

  1. Terselenggaranya pendidikan yang unggul dan utuh dengan menumbuh-kembangkan akhlakul karimah yang menjaga kearifan lokal serta berperilaku kreatif, inovatif dan cakap dalam mengolah perubahan
  2. Terlaksananya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu keislaman Indonesia berwawasan interdisipliner.
  3. Membudayanya tata kelola institusi yang berprinsip kepada tata kelola yang baik (good governance).
  4. Terjalinnya kerjasama dengan instansi-instansi baik dalam maupun luar negeri dalam rangka menumbuhkembangkan kompetensi dan eksistensi lulusan serta lembaga.

Profile Lulusan

  1. Sarjana pendidikan (Pendidik/Praktisi Pendidikan)

Pendidik Agama Islam SMP/SMA (yang sederajat), Madrasah diniyah (sederajat) serta memenuhi kompetensi, kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial

  1. Sarjana pendidikan (Asisten Peneliti Pendidikan)

Asisten dalam kegiatan penelitian baik tingkat dasar maupun terapan dalam bidang pendidikan agama Islam

  1. Sarjana pendidikan (Pengembang Bahan Ajar)

Pengembang bahan ajar sebab menurut Prof. Dr. Muhaimin (Alm) bahan ajar merupakan komponen terpenting yang sesungguhnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  1. Sarjan pendidik (Edupreneur)

Pendidik yang utuh dan unggul dalam Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Ilmu Akuntansi, IT dan Aswaja serta berakhlakul karimah.

 

Mojokerto, 4 Agustus 2018

Rahmat, M. Pd. I