MoU Kaprodi PAI Berwawasan Interdisipliner IKHAC dengan Kaprodi PAI se Kopertais Wilayah IV Surabaya di Pamekasan Madura

Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan Abdul Muin berharap program Konsorsium Pendidikan Agama Islam Swasta (KPAIS) yang digelar di institusi yang dipimpinnya bisa menghasilkan rekomendasi penting seiring dengan perkembangan digital seperti saat ini.

Hal itu disampaikan saat memberi sambutan dalam kegiatan Forum Silaturahmi KPAIS di bawah naungan Kopertais Wilayah IV Surabaya, di Auditorium IAI Al-Khairat Pamekasan, Sabtu (10/11/2018). Dimana dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai hal yang berhubungan dengan rangkaian program studi (prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI).

Di antaranya program finalisasi kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), buku ajar Prodi PAI, pembuatan Jurnal KPAIS hingga penanda tanganan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antar perguruan tinggi di lingkungan Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Keberadaan forum silaturahmi antar kampus ini, khususnya di lingkungan Prodi PAI. Kami harapkan bisa selalu mengikuti perkembangan yang semakin cepat seiring dengan revolusi digital di era disrupsi seperti saat ini,” kata Abdul Muin.

Bahkan pihaknya mengajak seluruh perguruan tinggi khususnya yang tergabung dalam KPAIS agar menggagas berbagai program secara berkelanjutan. ”Kami berharap kegiatan ini tidak hanya menghasilkan kesepakatan formalitas saja, namun nantinya juga harus bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik khususnya untuk Prodi PAI,” ungkapnya.

Tidak kalah penting, di era digital seperti saat ini juga harus dipikirkan bersama sekaligus dicari solusi terbaik seputar formulasi bahan ajar yang positif. Sehingga materi PAI juga harus disesuaikan dengan perkembangan era disrupsi,” sambung pimpinan yang akrab disapa Pak Muin.

Dari itu pihaknya juga sangat berharap formulasi materi PAI tidak hanya fokus pada bidang transformasi keilmuan semata, tapi juga harus diimbangi dengan transformasi nilai. ”Mungkin kedepan sangat dibutuhkan penekanan untuk pembuatan materi dalam aspek karakter yang kuat, sehingga nantinya para mahasiswa juga selalu berpegang teguh pada prinsip nilai yang positif,” tegasnya.

Bagaimanapun perkembangan zaman ini juga harus ditekankan melalui penanaman karakter yang kuat, sebagaimana Nabi Muhammad (Sallallahu ’Alaihi wa Sallam) juga diutus demi memperbaiki akhlak,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga secara resmi membuka Silaturahmi KPAIS antar Prodi PAI di lingkungan Kopertais Wilayah IV Surabaya, yang akan digelar selama dua hari kedepan. Terhitung mulai hari ini hingga Minggu (11/¹¹/2018) besok.

Dalam kesempatan silaturahmi KPAIS tersebut, kaprodi PAI Berwawasan Interdisipliner Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC) Pacet Mojokerto selain melakukan MoU antar kaprodi PAI se Kopertais Wilayah IV Surabaya juga didapuk mengemban amanah menjadi Humas dan Kerjasama untuk masa bakti kepengurusan kaprodi PAI Kopertais Wilayah IV Surabaya tahun 2019-2022. Sedangkan Mou antar prodi PAI ini, diharapkan terjalinnya kerjasama dalam bidang medapatkan kemudahan dalam Program Pengembangan Akademik (khususnya pengembangan kurikulum KKNI), kemudahan dalam Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Link SK Pengurus Kaprodi Kopertais Wilayah IV Surabaya

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.