Pembekalan PPL dan PMPI Fakultas Tarbiyah 2019

 

Mojokerto, Rabu (28/08) Fakultas Tarbiyah Institut KH. Abdul Chalim (IKHAC) mengadakan Acara Pembekalan dan Pelepasan Peserta PPL dan PMPI . Acara ini diawali dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan penyampaian beberapa materi dan arahan. Acara yang dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan diikuti oleh seluruh peserta PPL dan PMPI Fakultas Tarbiyah IKHAC ini berjalan dengan lancar dari pukul 08.00-11.00 WIB.

Terkait dengan kegiatan ini, salah satu Mahasiswa PAI, Indri Cahyani, mengungkapkan bahwa persiapan untuk kegiatan PPL ini sudah dimulai sejak satu bulan yang lalu.

“Yang pasti untuk kegiatan ini, kami sudah diwanti-wanti untuk mempersiapkan diri baik secara moril maupun materiil. Karena mulai dari kostum-pun ada dananya tersendiri” Ujarnya

Adapun peserta PPL dari prodi PAI merupakan angkatan yang pertama, Karena prodi ini baru berdiri pada tahun 2016 di Institut KH. Abdul Chalim.

“Sebagai angkatan yang pertama, kami tidak memiliki pedoman dari kakak tingkat seperti prodi lain, namun kami tidak khawatir karena ada bapak kaprodi yang senantiasa membimbing dan mengarahkan, dan kalaupun menemui permasalahan dalam praktik lapangan sudah ada beberapa DPL yang siap untuk mendampingi kami.” Terang Mahasiswi ayu asli Mojokerto ini.

Menurut Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam, Dr. Rahmat, M.Pd.I., Program PPL ini mutlak untuk dilaksanakan mengingat mahasiswa sudah cukup mendapatkan berbagai teori, baik teori pendidikan mupun ilmu agama yang memadai. Sehingga mahasiswa dituntut untuk bisa menerapkannya dalam kegiatan praktik dilapangan.

“Prodi dan Mahasiswa PAI sudah sangat siap, namun masih terdapat kekurangan dalam kelengkapan PPL seperti perangkat pembelajaran.” Ucap Kaprodi PAI saat ditemui seusai acara.

Dari Prodi PAI sendiri, Terdapat 28 Mahasiswa yang akan disebar di 7 lembaga pendidikan. 4 diantaranya di lingkungan Yayasan Amanatul Ummah, dan sisanya di sekolah/madrasah negeri maupun swasta di sekitar Kecamatan Pacet Mojokerto. Program ini berlangsung selama dua bulan, dimulai dari tanggal 2 September sampai 2 November 2019.

“Harapan saya, semoga kelak mahasiswa PAI menjadi guru yg berkepribadian unggul utuh dan profesional, serta berakhlaq karimah sehingga siap bersaing dan mewarnai dunia pendidikan era 4.0 saat ini,” Tutup Beliau.

 

(Divisi Cyber Himaprodi PAI IKHAC)

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.