Sidang Proposal Skripsi Perdana Program Studi PAI Interdisipliner IKHAC

 

Mojokerto (Rabu, 22/01) – Program Studi Pendidikan Agama Islam mengadakan Sidang Proposal Skripsi untuk pertama kalinya yang dilaksanakan di Ruang Lantai 3 Gedung Syariah Institut KH. Abdul Chalim (IKHAC).

Adalah Eka Deni Sulistiyanik, Mahasiswi prodi PAI IKHAC angkatan 2016 menjadi Mahasiswi PAI pertama yang maju untuk sidang proposal skripsi. Dihadapan 2 dosen pembimbing dan 2 penguji, Mahasiswi yang dikenal ceriwis ini memaparkan rencana penelitiannya dengan mantap.

“Alhamdulillah. Baru sadar juga kalau jadi yang pertama buat sempro. Bangga dan terharu sekali, semoga dengan majunya saya bisa jadi motivasi buat temen-temen yang lain” Ucapnya penuh syukur.

Kendati diburu waktu dengan berbagai ujian, Mahasiswi yang akrab disapa “Denis” ini mampu menyelesaikan proposal skripsinya dalam kurun waktu 3 minggu dengan bimbingan yang dilakukan sebanyak 6 kali.

Dalam proposal skripsinya, Denis mengangkat judul “Pendidikan Karakter Religius Telaah Kitab Tadzkirotu as-Sami’ wal Muta’allim fi Adabi ‘Alim wa al-Muta’allim Karya Ibnu Jama’ah al-Kinani as-Syafi’i” karena dirinya mengaku sangat tertarik dengan kitab yang tidak banyak diajarkan di pesantren ini. Bahkan literatur tersebut pertama kali untuk diteliti.

“Jadi, saya ingin menemukan konten terbaru yg ada di dalam kitab tersebut, agar bertambahnya wawasan pengetahuan dari kitab yang hanya satu-satunya di ajarkan di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto.” Terangnya.

Sidang proposal skripsi perdana yang diadakan secara terbuka ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa PAI lainnya. Salah satunya adalah Firman Miftakhul Muqorrobin, Mahasiswa PAI angkatan 2017 yang saat ini telah duduk di semester 5.

“Alhamdulillah kemarin berkesempatan hadir dalam seminar proposal nya kak Denis. Itu sangat bermanfaat bagi kami sebagai adik tingkat yang nantinya akan menghadapi ujian serupa.” Ucapnya.

Firman mengungkapkan bahwa saat ini semester 5 PAI IKHAC tengah mendapatkan tugas UAS serupa dengan proposal skripsi.

“Dari seminar proposal tersebut, kami bisa mendapatkan gambaran dalam menyelesaikan tugas.” Tuturnya.

Dalam sidang proposal skripsi ini, Denis berhasil untuk melanjutkan judul skripsinya dengan perolehan nilai sebesar 82 poin yakni dengan predikat sangat baik. Dibekali oleh dua pembimbing, Denis mengaku sangat menikmati proses bimbingan dalam penyusunan proposal skripsinya dan tidak menemukan kendala yang berarti.

“Karena saya dan pembimbing saling mensuport dan pastinya me-manage waktu sebaik mungkin agar bimbingan bisa enjoy dan terealisasikan sesuai dengan deadline waktu yang ditentukan.” Jelasnya.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh salah satu dosen pembimbingnya, yakni Yusuf Suharto, M.Pd.I yang sekaligus bertindak sebagai ketua sidang.

“Denis adalah mahasiwa pertama PAI yg berhasil menyelesaikan bimbingan proposal kemudian mendaftar seminar proposal. Langkah bertindak cepat dan penuh semangat ini perlu ditiru oleh segenap mahasiwa terutama mahasiwa PAI” Ungkap beliau.

Potret pembimbing, penguji, dan audience saat sidang tengah berlangsung.

 

Menurut Yusuf, sidang proposal yang diadakan terbuka selama 50 menit tersebut berlangsung lancar mulai pukul 15.00 s/d 15.50 WIB.

“Tak ada kendala yg berarti. Walau tak membayangkan saya ditunjuk sebagai ketua sidang. tapi kekurang cermatan yg kecil kecil itu bisa diabaikan, karena ini adalah kegiatan seminar proposal pertama. Namun substansinya semuanya berjalan lancar.” Terangnya.

Sebagai ketua sidang, Beliau berharap untuk seminar proposal berikutnya ada pembagian tugas yang lebih spesifik sehingga ruang sidang sudah siap sesuai jadwal.

“Harapan saya untuk Denis agar terus berproses dan selalu semangat, mengerjakan skripsi tepat waktu. Begitupula untuk seluruh mahasiswa yang seangkatan agar terpacu mengikuti langkah Denis dan untuk adik-adik angkatannya agar banyak membaca buku dan referensi skripsi sehingga ketika sudah saatnya skripsi lebih lancar, dan siap.” Tutup Beliau.

 

 

(Divisi Cyber Himaprodi PAI Interdisipliner)

3 Comments

  1. I am no longer positive where you’re getting your information, however great topic. I needs to spend a while finding out much more or working out more. Thanks for fantastic info I was in search of this information for my mission.

  2. Thank you for another informative web site. Where else could I get that kind of info written in such an ideal way? I’ve a project that I’m just now working on, and I have been on the look out for such info.

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.