Suksesnya Acara MTQ PAI III


Mojokerto, Minggu (8/12) Acara MTQ PAI ke-III Interdisipliner Institut KH.Abdul Chalim (IKHAC) berlangsung lancar dan meriah. Dihadiri oleh Kaprodi Pendidikan Agama Islam, seluruh peserta, dan tamu undangan, acara yang bertempat di gedung B IKHAC ini mengkompetisikan 5 cabang lomba yakni Tilawatil Qur’an, Hifdzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khatil Qur’an, dan Syarhil Qur’an.

Acara yang mengangkat tema “Al-Qur’an Jiwaku, Utuh Negeriku” ini diikuti oleh seluruh program studi yang ada di Institut KH.Abdul Chalim dengan total peserta sebanyak 110 delegasi dari masing-masing Program Studi di IKHAC dan 11 dewan juri yang berasal dari internal maupun eksternal kampus.

Acara yang merupakan program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Program Studi PAI (HIMA-PRODI PAI) ini kembali diadakan untuk memperebutkan Piala Rektor Bergilir sebagai bentuk apresiasi kepada Program Studi yang berprestasi dalam menjuarai masing-masing cabang yang diperlombakan.

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.30 s/d 16.00 WIB ini melahirkan Program Studi IQT sebagai Juara Umum.

Penyerahan Piala Rektor Bergilir oleh Kahima Prodi PAI kepada Kahima Prodi IQT

“Alhamdulillah Prodi IQT menjadi Juara Umum kembali setelah mendapatkan Juara Umum pada MTQ PAI ke-I tahun 2017 lalu.” Ucap Ketua Hima-Prodi IQT.

Menurut keterangan Kahima IQT, Harfin, delegasi prodi IQT sudah menyiapkan diri dari jauh-jauh hari. Bahkan semenjak MTQ Ke-I PAI IKHAC dilaksanakan.

“Karena hampir seluruh cabang-cabang lomba dari MTQ merupakan bagian dari jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir maka prodi kami mempersiapkan teman-teman yang bertanding dengan semaksimal mungkin karena ini merupakan bidang kami” Katanya penuh semangat.

Ditemui di ruangan panitia, ketua pelaksana, Muhammad Hanif Mahfudzi, mengungkapkan bahwa sebelumnya acara ini direncanakan terlaksana pada 17 November 2019, akan tetapi karena di tanggal tersebut juga bersamaan dengan acara lain maka acara ini mundur sampai akhirnya terlaksana pada Minggu, 8 Desember 2019.

“Kendala tentu ada dan sudah kami temui baik sebelum maupun saat pelaksanaan acara, tapi Alhamdulillah, kami bersyukur acara hari ini berjalan lancar, mulai dari pembukaan sampai penutupan.” Ucapnya.

Mahasiswa yang akrab di sapa Hanif itu mengaku bangga dengan seluruh peserta dan warga Institut KH.Abdul Chalim, karena sangat antusias dan semangat dalam menyemarakkan hajat tahunan Himaprodi PAI tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi semangat juang serta antusiasme teman-teman mahasiswa IKHAC yang sangat tinggi. Bahkan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kampus-pun mendukung acara kami dengan maksimal. Seperti yang dilakukan oleh teman-teman dari UKM JQH yang membantu mempersiapkan peserta sebelum bertanding dengan mengadakan latihan bersama.”

Hanif menambahkan bahwa ditahun berikutnya Insya Allah MTQ PAI akan dilaksanakan dengan lingkup yang lebih luas.

“Untuk MTQ PAI kedepan, mudah mudahan bisa lebih baik lagi dari MTQ ke 3 ini. Dan Insya Allah tahun depan rencananya kami mengadakan MTQ tingkat provinsi Jatim. Mohon doanya.” Tutupnya.

Potret kebersamaan panitia usai acara.

 

(Divisi Cyber Himaprodi PAI Interdisipliner)

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.