HIMAPRODI BERWAWASAN INTERDISIPLINER, PRODI PAI IKHAC ADAKAN MTQ KE-IV

MOJOKERTO– Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (PRODI PAI IKHAC) kembali menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IV dengan mengusungkan tema “Catur Handaru.” Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Gedung IKHAC pada Minggu, (28/11/2021).

Turut hadir Dr. Rahmat, M.Pd.I., (Ketua Prodi PAI IKAHC), Husnur Rofiq, M.Pd.I., (Wakil Kaprodi PAI), Abdur Rohim, M.Pd.I., (Dosen PAI), Fina Surya Anggraini, M.Pd., (Dosen PAI) serta dihadiri peserta internal dan eksternal secara virtual beserta official dari setiap Prodi IKHAC dengan jumlah total keseluruhan 113 orang.

MTQ ini merupakan program kerja dari divisi pendidikan HIMAPRODI PAI, yang bertujuan untuk menanamkan jiwa Qurani yang tersampaikan ke hati seluruh umat Islam. Hal ini disampaikan oleh Kahima Prodi PAI, M. Hanif Mahfudzi.

“Menanamkan jiwa jiwa Al-Quran yang tertanam dihati teman teman Mahasiswa IKHAC, apalagi kita berada di kampus yang bernaung pondok pesantren,” papar Hanif saat diwawancarai.

Farihatul Kholifah salah satu peserta MTQ ke-IV menyampaikan bahwa MTQ yang diadakan Prodi PAI ini termasuk suatu presentasi bagi kita di IKHAC.

“Alhamdulillah ini adalah acara perdana MTQ se- Jawa Timur, apalagi diadakan oleh salah satu Prodi di IKHAC yang termasuk suatu prestasi bagi kita di IKHAC. Untuk pesannya semangat buat peserta-peserta yang mengikuti MTQ ke-4 ini,” tandasnya.

Di samping itu, Husen Abdul Ali selaku ketua pelaksana MTQ tersebut, sampaikan alasan mengangkat tema Catur Handaru di MTQ ke-IV ini.

“Untuk tema MTQ yang ke-IV ini mengangkat Catur Handaru, untuk Catur Handaru sendiri itu mengikuti bahasa Sakestra dalam bahasa Jawa dengan arti empat kebaikan, dengan filosofinya yaitu yang pertama membaca, memahami, menghafal dan mengamalkan. Alasannya melihat zaman sekarang untuk para remaja sendiri itu akhir-akhir ini kurang memahami dan mengamalkan Al-Qur’an, hanya sekedar mambaca saja,” jelas Husen.

Dalam sambutannya, Dr. Rahmat, M.Pd.I mengapresiasi acara tersebut kepada teman-teman HIMAPRODI PAI yang berwawasan interdisipliner.

“Kami sangat mengapresiasi dan ucapan terimakasih kepada teman-teman HIMAPRODI PAI yang berwawasan interdisipliner. Mas Hanif selaku KAHIMA beserta jajarannya sebagai pemimpin nahkoda di HIMA ini dan teman-teman divisi pendidikan dengan kebijakannya, serta Mas Husen selaku ketua panitia kegiatan ini, saya ucapkan selamat di MTQ yang ke-IV ini berhasil kita laksanakan dengan tingkat Jawa Timur,” Pungkasnya.

Dalam pelaksanaannya, acara ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB dan dibuka dengan parade, kemudian acara formal; pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia raya, Mars IKHAC dan Mars MTQ, laporan kegiatan MTQ ke-IV, sambutan, penyerahan piala bergilir (Perebutan Piala Bergilir Rektor IKHAC Dr. Mauhibur Rokhman, Lc., MIRKH), dan diakhiri dengan pembacaan doa kemudian acara non formal (perlombaan MTQ).

Artikel ini telah terpublish di https://bidik.ikhac.ac.id/2021/12/01/himaprodi-berwawasan-interdisipliner-prodi-pai-ikhac-adakan-mtq-ke-iv/

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.