Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa 2023

Alhamdulillah acara LDKM HIMAPRODI-PAI IKHAC telah sukses dilaksanakan. Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) adalah program yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan mahasiswa. LDKM diharapkan dapat mencetak pemimpin-pemimpin yang handal dan berkualitas di masa depan.

LDKM dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, diantaranya melalui kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan kepemimpinan. Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam LDKM adalah pelatihan kepemimpinan, simulasi kepemimpinan, dan studi banding kepemimpinan.
Pelatihan kepemimpinan yang diadakan HIMAPRODI-PAI IKHAC ini dilakukan dengan mengundang pembicara yang ahli dalam bidang kepemimpinan untuk memberikan materi dan melakukan diskusi dengan peserta.
Selain itu, LDKM juga dapat dilaksanakan dengan cara memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi pemimpin dalam organisasi kemahasiswaan atau kegiatan-kegiatan yang diadakan di universitas. Ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dari pelatihan kepemimpinan dan juga mengembangkan kemampuan kepemimpinannya.

Secara keseluruhan, terlaksananya LDKM diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kepemimpinan mahasiswa dan mempersiapkan mereka menjadi pemimpin yang handal dan berkualitas di masa depan. Namun perlu diingat bahwa keberhasilan LDKM tidak hanya ditentukan oleh pelaksanaan program saja, namun juga ditentukan oleh komitmen dan keseriusan mahasiswa dalam mengikuti program tersebut.

Seperti kutipan hadits berikut:
Imam Asy-Syafi’i berkata:
Artinya:
“Belajarlah sebelum engkau menjadi pemimpin, sebab ketika engkau telah memimpin, tiada masa lagi untuk belajar”.

Imam Syafi’i seakan mengingatkan kepada kita bahwa memimpin bukanlah main-main atau ‘coba-coba’!

Tapi memimpin adalah pertanggungjawaban! Seorang pemimpin akan menentukan nasib manusia yang dipimpinnya, dan tentu saja rakyat yang ia pimpin bukanlah kelinci percobaan untuk ia belajar layaknya seorang mahasiswa yang praktikum di laboratorium!

Memimpin adalah amanah berat yang harus dipikul oleh mereka yang berilmu! Bila tiada ilmu, celakalah badan!

Karena itu, ketika Khalifah Harun Ar-Rasyid bertemu dengan Bahlul, Harun Ar-Rasyid bertanya:

“Engkau kenal siapa saya?”.

Bahlul menjawab:

“Ya, saya tahu! Engkau kholifah adalah orang yang ketika ada seseorang yang kelaparan di ujung timur negeri ini, engkau akan dituntut atas hal tersebut di akhirat!”.

2 Komentar pada “Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa 2023”

  1. Hello ikhac.ac.id administrator, You always provide practical solutions and recommendations.

  2. Dear ikhac.ac.id admin, Thanks for the well-researched and well-written post!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.