Tes Lisan Beasiswa S1 PAI MADIN IKHAC Oleh Pemprov Jatim 2021

Mojokerto, Sabtu (21/08/2021) Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC) melaksanakan tes lisan bagi para calon mahasiswa beasiswa Program Madrasah Diniyah (MADIN) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur hasil tindaklanjut kerjasama dengan IKHAC sebagai bentuk kepedulian yang sinergi antara pemerintah provinsi dan perguruan tinggi guna meningkatkan kualitas para guru (ustad) Madrasah Diniyah di Jawa Timur khususnya di sekitaran Mojokerto.

Menurut Bapak Alfian Fikri Hadi, M.Pd selaku kepala BAA IKHAC, terkonfirmasi 35 calon mahasiswa yang mendaftar 28 diantaranya lolos seleksi pemberkasan yang kemudian sesuai dengan edaran pada tanggal 12 Agustus 2021 dari Lembaga Pengembangan Pendidikan Diniyah (LPPD) Provinsi Jawa Timur Nomor  51/TU/LPPD.Prov.Jatim/VIII/2021 maka diumumkan pelaksanaan ujian seleksi beasiswa Program Peningkatan Kualifikasi S1/Sarjana bagi guru pendidikan diniyah di provinsi jawa timur tahun 2021 yaitu jatuh pada hari Sabtu tanggal 21 Agustus 2021.

Sebelum dilaksanakan tes lisan oleh pemprov, kampus IKHAC melakukan Daurah Fathul Qarib yang wajib diikuti oleh seluruh peserta calon beasiswa MADIN pada hari Jumat, tanggal 20 Agustus 2021 “harapannya pada hari Sabtu besok, para peserta ujian tes lisan dapat lebih maksimal dalam mengikuti jalannya ujian” demikian komentar bapak Dr. Rahmat, M.Pd.I selaku ketua program studi PAI IKHAC yang sekaligus sebagai pemateri dalam Daurah Fathul Qarib tersebut.

Adapun lokasi tes lisan membaca kitab Fathul Qarib  bertempat di Gedung Tarbiyah lantai 1 Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto yang dimulai pada pukul 09.00-13.00 WIB. Sedangkan penguji kitab secara lisan dilakukan oleh Bapak Dr. Anang Firdaus dengan pendamping yang merupakan utusan dari Kopertais IV Surabaya yaitu Ibu Ainun Hidayati, S.Ag dan Ibu Yuhlil Aida L, A.Ma dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat yaitu diantaranya peserta ujian lisan beasiswa menunjukkan surat negatif covid-19 berupa rapid/swab antigen. 

Hasil dari tes lisan terdapat 18 mahasiswa yang dinyatakan lolos dan berhak memperoleh beasiswa untuk kuliah S1 Pendidikan Agama Islam di Institut Pesantren KH Abdul Chalim Tahun Akademik 2021-2022. Akan tetapi dikarenakan peserta tes lisan hanya 18 mahasiswa yang lolos sedangkan ketetapan kuota penerima beasiswa MADIN ini berjumlah 30 mahasiswa, maka direncanakan pembukaan pendaftaran calon beasiswa MADIN untuk gelombang 2.

1 Comment

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.